BI Pertahankan Suku Bunga Bias Keatas

BI Pertahankan Suku Bunga Bias Keatas
BI Pertahankan Suku Bunga Bias Keatas

Nilai tukar rupiah yang masih terdepresiasi di level atas, membuat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Bapak Darmin Nasution, memproyeksikan Bank Indonesia tetap mempertahankan suku bunga acuannya (BI rate) bias keatas. 

Dalam investor gathering bertemakan Maintaining the Momentum and Creating Economic Opportunities bersama RHB OSK Securities, Kamis (22/10) kemarin, beliau mengkhawatirkan potensi capital outflow investor asing dan rupiah kembali terdepresiasi, jika BI rate diturunkan. 

Sebagai catatan, pasar modal Indonesia, baik saham maupun obligasi, saat ini bukukan porsi terbesar oleh investor asing, masing-masing sekitar 60% dan 38%. Tingginya porsi asing, membuat volatilitas tinggi karena dipengaruhi oleh rumor, baik domestik maupun global.

Proyeksi BI rate tersebut ditengah inflasi rendah Indonesia, yang saat ini sedang menuju ke level 4% YoY hingga akhir tahun 2015. Proyeksi tersebut bertentangan dengan pendapat sejumlah ekonom, yang melihat adanya ruang gerak penurunan BI rate seiring inflasi yang rendah. Sebagai catatan, BI tetap mempertahankan suku bunga acuannya di level 7,50%, atau level sama sejak Februari 2015 lalu. 

Dalam kesempatan yang sama, Bapak Darmin juga memaparkan kebijakan ekonomi baru paket V yang terdiri dari 2 aturan. Pertama, pemberian insentif pajak dalam revaluasi aset perusahaan. Sebelumnya, tarif pajak cukup tinggi membuat perusahaan tidak melakukan revaluasi aset tersebut. 

Dalam aturan baru ini, pemilik usaha cukup membayar tarif pajak penghasilan (PPh) sebesar 3% hingga akhir tahun 2015, dan 4% hingga semester I-2016; dari tarif normal sebesar 10%. 

Revaluasi aset dikhususkan properti ini, akan meningkatkan kapasitas sehingga mendorong kinerja keuangan perusahaan. Kedua, penghapusan pajak berganda untuk kontrak kolektif dana investasi real estate, atau dikenal REITs (Real Estate Investment Trust).

Sumber : RHB Securities Indonesia / Fixed Income Research

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »