Usaha Kreatif yang Semakin Menarik dan Berkembang di Indonesia

Usaha Kreatif yang Semakin Menarik dan Berkembang di Indonesia

Usaha kreatif begit banyak jenis dan macamnya saat ini. Perkembangan bisnis di bidang industri kreatif di Indonesia memang sedang naik daun. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin terbuka lebar. Oleh karena itu, tidak sedikit orang atau pihak yang menggelutinya karena prospek ke depannya cukup cerah. Anak-anak muda yang biasanya lebih banyak menekuni bidang kreatif dan terjun tangsung di dalam bisnisnya. Pasalnya, mereka lebih melek akan perkembangan teknologi, terutama internet dan komputerisasi. Tidak bisa dipungkiri bahwa kedua teknologi tersebut saling berkesinambungan antara satu dengan yang lain. Komputer dapat mengakses internet, sementara teknologi internet hanya bisa diakses dengan mengapliaksikannya dengan komputer atau gadget di dunia maya.

Apa yang menarik dari usaha kreatif di Indonesia?

Kreatifitas memang dapat dilakukan oleh banyak orang. Namun, sebuah produk kreatif yang layak dijual dengan perhitungan estetika dan aspek pasar. Tidak semua orang mampu mewujudkannya. Hanya mereka yang berpengalaman di bidang kreatif mampu membuatnya. Sebagai contoh, pembuatan kaos distro yang masih laku untuk dijual di pasaran. Daya tarik utama dari kaos distro, yaitu desain gambar maupun tulisannya yang disablon di permukaan kaos. Desain gambar tersebut tidak asal-asalan saat dibuat. Desainer yang membuatnya tentu saja sudah merencanakan dan memperhitungkan secara detail gambar dan tulisan seperti apa yang akan dibuatnya. Itulah salah satu yang menarik dan menjadi tantangan tersendiri dari usaha kreatif.

Usaha kreatif dengan modal sedikit

Dikarenakan mengandalkan kreatifitas dan skill atau keahlian, bisnis di bidang kreatif memang bisa dijalankan dengan modal sedikit. Mungkin hanya diperlukan satu seperangkat personal computer (PC) atau laptop yang sudah terkoneksi dengan internet. Selanjutnya, produk kreatif siap dibuat. Misalnya, desain kaos, gambar komik, kartun animasi, animasi game, dan lain sebagainya. Bahkan, tidak sedikit yang mampu membuat film animasi sederhana, lalu diposting di YouTube agar bisa ditonton banyak orang. Semakin banyak orang yang menonton, maka tidak menutup kemungkinan peluang usaha kreatif di dunia maya semakin terbuka lebar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »