Definisi Net Profit Margin

Definisi Net Profit Margin
Definisi Net Profit Margin

Net Profit Margin adalah persentase pendapatan yang tersisa setelah semua biaya operasi, bunga, pajak dan dividen untuk preferred stock (tidak termasuk deviden common stock) telah dikurangi dari total pendapatan perusahaan.

Rumus untuk Net Profit Margin adalah:

Rumus Net Profit Margin
Rumus Net Profit Margin

Dengan membagi laba bersih dengan total pendapatan, kita dapat melihat berapa persen kontribusi pada laba bersih yang dihasilkan perusahaan, hal ini tentunya baik bagi investor.

Mari kita lihat pada laporan laba rugi hipotetis untuk Perusahaan XYZ:

Contoh Net Profit Margin
Contoh Net Profit Margin

Menggunakan rumus dan informasi di atas, maka kita dapat menghitung bahwa Net Profit Margin  dari Perusahaan XYZ adalah $ 30.000 / $ 100.000 = 30%

Net Profit Margin adalah salah satu yang paling penting di bidang keuangan. Pemegang Saham dapat melihat seberapa baik sebuah perusahaan tersebut mengkonversi pendapatan menjadi keuntungan bagi pemegang saham. Net Profit Margin sering digunakan untuk membandingkan perusahaan dalam industri yang sama, proses yang dikenal sebagai margin analysis

Net Profit Margin adalah persentase penjualan, bukanlah jumlah mutlak, sehingga bisa sangat berguna untuk membandingkan Net Profit Margin antara perusahaan yang memiliki sektor yang sama, untuk melihat perusahaan mana yang paling efektif dalam mengkonversi penjualan menjadi keuntungan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »