Definisi Capital Expenditure (CAPEX)

Definisi Capital Expenditure (CAPEX)
Definisi Capital Expenditure (CAPEX)

Capital Expenditure (capex) atau belanja modal adalah biaya-biaya yang digunakan oleh perusahaan untuk memperoleh atau menambah aktiva tetap atau aset fisik seperti properti, bangunan industri atau peralatan. 

Sedangkan di penjelasan lain menyatakan bahwa capex adalah pengeluaran yang dapat menghasilkan keuntungan di masa depan dan akan diperhitungkan sebagai pengeluaran modal dan bukan sebagai biaya. Pada umumnya setiap perusahaan akan mengalokasikan capex dalam anggaran belanjanya. 

Dari pemahaman sederhana diasatas dapat disimpulakan bahwa capex adalah hal yang sangat penting  untuk pengembangan dan pertumbuhan perusahaan. Untuk perusahaan kemungkinan besar selalu mengalokasikan capex dalam anggarannya.

Jika suatu perusahaan tidak mengalokasikan capex, kemungkinan besar lama kelamaan  kinerjanya juga akan merosot. Misalnya PT. Ekonomi Banget adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penyewaan kendaraan, maka dari itu perusahaan tersebut harus mengalokasikan biaya untuk menjaga kualitas dan peremajaan kendaraan yang disewakannya agar kendaraannya dapat memberikan pelayanan yang terbaik.

Jika PT. Ekonomi Banget tidak mengalokasikan biaya untuk mejaga kualitas dan peremajaan kendaraannya maka bisa dipastikan kendaraan yang disewakan memiliki kwalitas yang tidak selalu dalam kondisi yang bagus sehingga akan pendapatan perusahan makin lama akan semakin menurun. 

Maka dari ilustrasi diatas dapat kita simpulkan bahwa capex adalah hal yang sangat berpengaruh bagi suatu perusahaan untuk mempertahankan atau menambah keuntungannya.

Capex biasanya dianggarkan dari keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan setelah itu jika masih ada sisa dari keuntungan tersebut baru dibagikan kepada pemegang saham sebagai deviden. 

Capex tidak mesti berasal dari hasil keuntungan perusahaan ataupun dana internal akan tetapi dapat pula bersumber dari dana pihak lain seperti pinjaman bank, penerbitan surat utang, sekuritisasi asset, dll.

Rumus dari Capital Expenditure (capex)
Rumus dari Capital Expenditure  Ratio

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »