Gimana Sih Cara Membeli Saham?

Gimana Sih Cara Membeli Saham?

Bagaimana caranya jika Anda ingin membeli saham? Apakah harus ke bank atau ke bursa efek indonesia? Untuk bisa membeli saham bukanlah melalui bank atau bursa efek indonesia tapi melalui perusahaan sekuritas yang menjadi perantara perdagangan. 

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka rekening efek atau rekening saham di perusahaan broker saham atau disebut perusahaan sekuritas. Perusahaan inilah yang akan menjembatani perdagangan saham Anda. 

1. Membuka rekening efek

Prosedur membuka rekening efek sama seperti Anda membuka rekening tabungan di bank yaitu dengan mengisi formulir dan menyetor dana awal minimum pembukaan yang berkisar antara 5-10 juta. Sekarang bahkan ada beberapa perusahaan sekuritas yang memberikan dana minimum hanya Rp100,000 untuk menarik minat para investor pemula seperti mahasiswa. Adapun data-data yang diperlukan saat pembukaan rekening efek adalah: 

  1. Fotocopy KTP
  2. Fotocopy NPWP (jika ada)
  3. Data pekerjaaan
  4. Data pribadi

Untuk mengisi formulir pendaftaran Anda harus ke kantor perusahaan sekuritas yang Anda pilih atau bisa juga mengisi dirumah lalu setelah semua document diisi maka perusahaan securities akan mangambil dokumen tersebut, Prosedur pembukaan rekening efek sampai menjadi rekening aktif kurang lebih 1 minggu. Jika rekening efek Anda sudah jadi maka Anda akan mendapatkan: 

  1. Kartu AkSES dari KSEI,
  2. Rekening Dana Investor dari Bank
  3. Rekening Efek dari perusahaan sekuritas Anda.
  4. Mulai Registasi Sekarang

2. Membeli saham

Jika rekening efek anda sudah aktif dan sudah mentransfer dana minimum yang diwajibkan sekuritas maka Anda sudah bisa membeli saham. Sebelum Anda membeli saham tentunya Anda harus terlebih dahulu menganalisa saham apa yang mau Anda beli dan memiliki prospek yang bagus. Anda juga harus mengenali jenis-jenis saham. Jika Anda sudah menentukan saham apa yang Anda beli maka ada dua cara membeli saham:

  • Melalui broker (pialang) saham, Anda dapat memerintahkan broker Anda untuk melakukan pembelian saham melalui telepon. Anda sebaiknya mengenali broker Anda saat membuka account rekening efek di perusahaan sekuritas anda. Dengan membeli melalui broker, keuntungan Anda adalah bisa bertanya saham apa saja yang menarik untuk dikoleksi. 
  • Melalui online trading , Selain melalui broker, Anda juga bisa memasukkan sendiri order pembelian atau penjualan melalui aplikasi online trading dari sekuritas Anda. Saat ini sudah banyak sekuritas yang mempunyai fasilitas aplikasi online trading. Aplikasi ini adalah software yang diinstall di PC, laptop, tablet maupun smartphone. Biaya untuk transaksi saham melalui online trading lebih murah daripada melalui broker saham karena Anda memasukkan order sendiri tanpa perantara untuk melayani Anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »