Saatnya Berinvestasi


Kenapa kita perlu untuk berinvestasi? Salah satu alasan kuatnya adalah karena kita tidak mungkin bisa bekerja seumur hidup untuk memenuhi kebutuhan kita. Ada dua cara untuk menghasilkan uang: bekerja atau menjadikan aset kita bekerja untuk kita yaitu dengan berinvestasi. Mindset yang banyak berkembang adalah berinvestasi itu mengandung resiko besar yang bisa membuat dana kita hilang sehingga orang lebih banyak memilih untuk menabung dengan membuka rekening di bank daripada membuka rekening efek. Jika kita lebih memilih menyimpan uang maka uang itu tidak akan bekerja untuk Anda dan pastinya Anda tidak akan mendapatkan uang lebih daripada yang anda miliki bahkan uang itu akan mengecil nilainya dengan inflasi.

Dengan berinvestasi maka Anda menjadikan uang bekerja untuk Anda bisa jadi dari bunga yang dihasilkan atau dari kenaikan nilai dari aset yang Anda beli. Investasi sangatlah penting Anda lakukan jika Anda masih punya banyak tujuan hidup baik itu untuk membeli sesuatu yang anda inginkan, menyekolahkan anak, jalan-jalan ke luar negeri, atau untuk kebutuhan masa tua Anda. Investasi memiliki banyak cara baik itu dengan berinvestasi di saham, properti, emas, ataupun reksadana namun tujuannya tetap satu yaitu untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan secara finansial. Uang mungkin bukanlah segala-galanya tapi dengan uang akan memberikan Anda kebebasan untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan.

http://www.ekonomibanget.com/2015/09/ayo-berinvestasi.htmlRobert T Kiyosaki dalam bukunya Cashflow Quadrant mengelompokkan jenis mental seseorang dalam empat bagian : Employees, Self Employed yang berada disisi kiri; Business Owner dan Investor yang berada disisi kanan. Business owner dan investor adalah jalan yang akan membawa Anda mencapai kebebasan finansial.

Employee dan self employee yang berada disisi kiri adalah orang yang jika mereka tidak bekerja maka tidak akan mendapatkan penghasilan. Employee adalah para karyawan yang bekerja untuk orang lain dengan rutinitas bangun pagi dan pulang malam. Self employee adalah para pekerja untuk diri sendiri seperti pedangang dimana mereka sama seperti employee yang tidak akan mendapakan penghasilan jika tidak bekerja. Kedua tipe ini adalah orang-orang yang memiliki keterbatasan waktu dan pendapatan.

Business owner yang berada di quadrant sisi kanan adalah para entrepreneur dengan sistem bisnis yang baik dimana jika Anda tidak bekerja pun bisnis Anda tetap akan memberikan pendapatan untuk Anda. Untuk menjadi seorang business owner, Anda harus memiliki inovasi, pengetahun manajemen bisnis, dan etos kerja yang tinggi teruatama saat pertama kali mendirikan sistem bisnis. Di posisi quarant terakhir ada Investor yaitu mereka para pemilik modal yang membiayai sistem bisnis sang business owner. Untuk menjadi seorang investor tentulah tidak sesulit menjadi seorang business owner karena Anda hanya perlu memahami bisnis yang ingin Anda investasikan. Siapkah Anda untuk menjadi investor ? Semakin cepat Anda memasuki dunia investasi maka semakin cepat Anda belajar dan semakin dekat Anda dengan kebebasan finansial yang Anda mimpikan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »