Peringkat 4 Rating Bank BUMN Stabil

FITCH: Peringkat 4 Rating Bank BUMN Stabil
FITCH: Peringkat 4 Rating Bank BUMN Stabil

Fitch Ratings Indonesia telah mengafirmasi peringkat 4 bank BUMN milik pemerintah; PT Bank Mandiri (Persero), Tbk (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN).

Outlook 4 Bank BUMN tersebut adalah stabil untuk peringkat nasional, peringkat viabilitas dan obligsi senior. Untuk peringkat nasional, Bank Mandiri dan BRI mendapatkan peringkat AAA, peringkat tertinggi yang diberikan Fitch pada skala peringkat nasional yang mencerminkan resiko gagal bayar yang rendah.

Sedangkan BNI di berikan AA+ dan BTN di level AA. Adapun untuk peringkat viabilitas atau peringkat subinvestment adalah di level bb+ untuk Bank Mandiri, BRI, dan BNI. Peringkat ini mencerminkan tingkat profitabilitas diatas rata-rata pesaingnya, kualitas aset yang relatif stabil dan permodalan yang cukup. 

Sementara itu, untuk peringkat obligasi senior, peringkat obligasi senior BRI diberikan di level BBB-, BNI di BBB-, BTN di AA. Fitch menyebutkan bahwa perubahan terhadap peringkat sovereign Indonesia (BBB-/Stable) dapat menyebabkan perubahan kepada peringkat bank-bank tersebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »